betiselvia

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
LITERASI GTK PAUD DIKMAS PONTIANAK 2018 ASTON HOTEL
#Jadi tutor Dikmas itu asyik

LITERASI GTK PAUD DIKMAS PONTIANAK 2018 ASTON HOTEL

REKAM JEJAK DEDIKASI

DIPELOSOK NEGRI SAMPAI BERPRESTASI

Mengabdikan diri untuk mentransfer ilmu kepada warga masyarakat yang tidak mampu mengenyam pendidikan yang seharusnya ditempuh, khususnya warga masyarakat yang berada di daerah terpencil dan tertinggal dimana seperti tempat penulis mengajar yaitu di Kp. Ciijau Desa Karoya Kecamatan Cirinten. Meskipun banyak kendala dalam perjlanan yang sangat jauh menuju lokasi warga belajar dengan medan jalan yang penuh tantangan apalagi dimusim hujan jalannya sangat licin, namun itu semua tidak menjadikan suatu halangan dan bukan suatu hal untuk mematahkan semangat penulisdalam melaksanakan tugas sebagai tutor keasaraan untuk membatu program pemerintah dalam pemberantasan tuna aksara, yang dilaksanakan pada bulan Agustus sampai dengan bulan Desember tahun 2015.

Foto Perjalanan Menuju Tempat WB di kp. Ciijau Desa Karoya

Memperoleh predikat sebagai tutor berprestasi merupakan dambaan dan harapan setiap tutor, dan semua tutor memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi tutor berprestasi tentunya dengan cara tutor harus bekerja keras, mempunyai motivasi, berdedikasi dan loyalitas yang tinggi. Tutor yang berdedikasi tinggi akan selalu mengembangkan potensi diri dan potensi warga belajar agar bias menjadi manusia Indonesia yang memiliki pengetahuan, keterampilan dan sikap untuk kehidupan yang lebih baik dan siap menjalani kehidupan di era globalisasi. Dalam menjalankan tugasnya tutor senantiasa berusaha semaksimal mungkin agar bisa mencapai tujuan pembelajaran dan mendapatkan hasil yang lebih baik. Sehingga untuk kegiatan pendidikan keaksaraan dibutuhkan kepedulian tutor untuk selalu menggali kreatifitas dan berinovasi dengan melakukan berbagai model pembelajaran atau menemukan dan menguji coba berbagai strategi baru agar proses pembelajaran lebih bermakna dan berkualitas.

Alhamdulillah kegiatan pendidikan keaksaraan dasar yang dilaksanakan di kp. Ciijau Desa Karoya telah disambut dengan antusias oleh masyarakat terutama warga belajar keaksaraan dan telah mendapatkan dukungan dari Kepala Desa Karoya yaitu Bapak Tobri (Jaro). Mudah-mudahan kegiatan pembelajaran pendidikan keaksaraan ini menjadi awal yang baik untuk warga belajar pendidikan keaksaraan. Itu semua tidak lepas dari bimbingan lembaga penyelenggara yaitu PKBM Kujang Sastra Manggala Jaya dan Penilik Dikmas UPT Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Cirinten.

Moment Foto Bersama dengan WB, Kepala Desa Karoya, Penilik Dikmas, dan Ketua PKBM Kujang Sastra Manggala Jya

Selama saya menjadi menjadi tutor keaksaraan,terkadang ada warga belajar keaksaraan yangn nampak kurangserius dalam memahami dan memaknai setiap pelajaran yang diberikan. Sehingga semangat dan motivasi belajar yang ditunjukkan peserta didik kurang tinggi.Berdasarkann hal tersebut, dibutuhkan adanya usaha-usaha yang kreatif dan inovatif dari tutor agar warga belajarmerasa senang dalam mengikuti kegiatan pembelajaran keaksaraansehinnga tujuan pembelajaran dapat tercapaiagar warga belajar dapat meningkatkan kemampuan dan pengetahuannya, sikap serta keterampilan untuk meningkatkan kecakapan hidup warga belajar.

Bentuk usaha kreatif yang sudah saya lakukan sebagai tutor keaksaraan diantaranya memaksimalkan strategi, metode dan media pembelajaran yang kreatif agar pembelajaran menjadi bermakna dan menyenangkan bagi warga belajar. Dengan demikianwarga belajar pasti mendapatkan pengetahuan dan kecakapan hidup yang baru setelah melakukan pembelajaran di PKBM. Media yang saya gunakan adalah memanfaatkan potensi lokal yang ada di daerah warga belajar . Hal ini penting dilakukan agar pembelajaran sesuai dengan kehidupan sehari-hari warga belajar. Hasilnya, warga belajar lebih tertarik untuk melakukan pembelajaran dan pengetahuan.

Dalam proses pembelajaran pendidikan keaksaraan saya sebagai tutor tidak begitu banyak mengalami kesulitan , karena setelah menerapkan inovasi pembelajaran MEDIKAL dengan media berbasis potensi lokal motivasi warga belajar meningkat, karena kegiatan pembelajaran didukung dengan potensi lokal yang ada di kp. Ciijau, hal itu yang sangat membantu saya sebagai tutor keaksaraan dalam menyiapkan media belajar untuk kegiatan pendidikan keaksaraan sehingga menciptakan suasana belajar yang efektif dan berkualitas dengan nilai gotong royong dan kerjasama yang tinggi serta semangat belajar, meskipun usia warga belajar sudah berusia lanjut dengan keterbatasan yang mereka miliki tapi mereka tidak merasa malu untuk belajar pendidikan keaksaraan, dan seharusnya semangat warga belajar para orang tua yang tuna aksara dapat menjadikan contoh kepada kita generasi muda untuk lebih semangat lagi dalam belajar. Itu semua yang menguatkan saya untuk lebih bersemangat lagi dalam menciptakan inovasi-inovasi baru dengan memanfaatkan potensi lokal dalam memberikan pembelajaran kepada warga belajar pendidikan keaksaraan agar tidak menjadi penyandang tuna aksara lagi

Dengan media berbasis pemanfaatan potensi lokal juga telah menambah keterampilan warga belajar yaitu membuat kue noga kelapa sehingga dapat meningkatkan kecakapan hidup warga belajar. Gambar berikut ini adalah bukti bahwa warga belajar sangat antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran pendidikan keaksaraan:

Foto kegiatan warga belajar yang begitu semangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran keaksaraan dengan pemanfaatan potensi lokal


Sebagai seorang fasilitator dalam belajar, tentunya saya harus memberikan teladan yang baik bagi warga belajar. Saya selalu mengusahakan untuk hadir tapat waktu. Saya juga selalu berpakaian rapi dan sopan serta berbicara dengan bahasa yang baik, dan sudah seharusnya menjadi tutor harus bisa menjadi inspirasi warga belajar untuk kemajuan bangsa Indonesia dan tutor keaksaraan adalah pelaku utama dalam pembangunan bangsa dan Negara Indonesia yang kita cintai ini.

C. Prestasi yang layak menjadikan sebagai tutor keaksaraan

Beberapa prestasi yang telah diperoleh selama menjadi tutor keaksaraan adalah sebagai berikut:

No

Jenis Kegiatan

Tingkat

Tahun

1.

Juara 1 Lomba Tutor Keaksaraan Berprestasi

Kabupaten

2015

2.

Juara 3 Lomba Tutor Keaksaraan Berprestasi

Provinsi

2015

3.

Juara 1 Lomba Tutor Keaksaraan Berprestasi

Kabupaten

2016

4.

Juara 1 Lomba Tutor Keaksaraan Berprestasi

Provinsi

2016

Pengalaman kerja sebagai tutor keaksaraan dimulai sejak tahun 2013, Karena kecintaan saya terhadap pendidikan non formal, sampai saat ini saya masih berkecipung di dunia pendidikan non formal.Memiliki bekal ilmu dari menjadi tutor PAUD, saya belajar menjadi pendidik keaksaraan yng mumpuni sesuai tuntutan standar PTK. Menjadi pembimbing dan pendidik warga belajar merupakan suatu pengalaman yang membanggakan dan pekerjaan yang sangat mulia, karena dengan aktivitas mendidik ilmu akan semakin bertambah.


Dalam hal pengembangan profesi banyak kegiatan yang telah dilalui diantaranya:

No

Jenis Kegiatan

Penyelenggara

Tahun

1.

Diklat Pengembangan Kurikulum, Bahan Ajar dan Model Pembelajaran Non Formal Pendidikan Keaksaraan

Dindik Kabupaten

2014

2.

Pelatihan Model Pertanian (PUSDIKLAT KARYA NYATA BOGOR)

BPPNF Provinsi

2014

3.

Menulis KTI “ Metode BALILEDUK”

Kabupaten

2015

4.

Diklat Teknis Tingkat Dasar Pendidik Keaksaraan Bagi PTK PAUD dan Dikmas Provinsi Banten

KEMDIKBUD

(PP-PAUD DAN DIKMAS )

JAWA BARAT

2016

Kegiatan Pembimbingan yang telah dilaksanakan diantaranya:

No

Jenis Kegiatan

Penyelenggara

Tahun

1.

Pembimbing Lomba CALISTUNG Warga Belajar Keaksaraan

Dindik Kabupaten

2015

2.

Pembimbing Lomba TESTIMONI Warga Belajar Keaksaraan

Dindik Kabupaten

2015

3.

Pembimbing Lomba CALISTUNG Warga Belajar Keaksaraan

Dindikbud Kabupaten

2016

4.

Pembimbing Lomba TESTIMONI Warga Belajar Keaksaraan

Dindikbud Kabupaten

2016

Secara konsisten saya terus memberikan pembelajaran yang kreatif dan inovatif bagi peserta didik agar pembelajaran yang dilakukan dapat optimal. Saya juga selalu memiliki target kerja yang jelas dan membuat perencanaan untuk pencapaian target tersebut. Suatu hal yang patut diperhatikan dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia umumnya dan di Banten pada khususnya adalah adanya kemauan seluruh elemen yang terlibat baik dari pusat sampai daerah, sehingga anggaran pendidikan dapat termanfaatkan dengan baik untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, sebagaimana amanah Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia.Kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan secara professional akan menghasilkan kualitas yang lebih baik yaitu adanya kemajuan akan kemampuan warga belajar. Menyiapkan diri menjadi tutor sebagai seorang pendidik, pembimbing, dan pengajar yang baik adalah dengan cara mempersiapkan, menyusun rencana kegiatan pembelajaran dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan dan mutlak untuk dilakukan karena hanya dengan perencanaan tersebut saya dapat berperan dalam membangun masa depan pendidikan yang lebih baik dan berkualitas.

Dengan semangat dan motivasi yang tinggi tujuan pembelajaran pendidikan keaksaraan akan tercapai dan dapat membangun pendidikan menjadi lebih baik dan berkualitas, tentunya dengan loyalitas tutor untuk mengabdikan diri pada nusa dan bangsa melalui pendidikan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dalam pendidikan sepanjang hayat.

Demikian yang dapat saya sampaikan melalui makalah karya nyata ini, semoga bisa menjadikan saya sebagai tutor yang lebih baik dan terus berusaha menggali kualitas diri untuk pendidikan bangsa tercinta mewujudkan pendidikan berkualitas.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali